Saturday, October 2, 2010

HATI HATI


Kemaren Siang gw ditelp someone yg mengaku dari HSBC n dia mau melakukan survey dahulu tentang kartu HSBC yg gw punya...
trus dia menanyakan kartu HSBC gw yg masih aktif.. n memang dahulu gw pernah punya 3 kartu HSBC tp 2 ud gw tutup. berikut percakapan kita

CS HSBC: Siang bu... boleh tau limit kartu ibu yg aktif skrg brp?
Me: Wah gak inget yah soalnya jarang dipake krn banyak kartu yg lain *berdalih*
CS: oh kalo gitu skrg kami dari HSBC mau memberikan fasilitas kartu baru buat nasabah HSBC tentang penggabungan limit kartu n pergantian kartu baru sesuai dgn peraturan baru yg akan dikeluarkan oleh Bank Indonesia
Me: *still listening* ya..
CS: Kartu baru nanti akan dilengkapi oleh chip n foto untuk menghindari penyalahgunaan n juga kartu yg baru ini fungsinya untuk menghindari banyaknya nama dlm Kartu yg sama.. misalnya contoh BCA mengeluarkan 5 macam kartu dan 1 org dgn nama sama bisa mempunyai 5 kartu.. jadi skrg ada pembatasan kartu dari BI untuk menggabungkan seluruh kartu dgn bangk yg sama menjadi 1
Me: Oh ya?? *still listening* trus kena biaya gak?
Cs: Semua tidak ada biayanya bu... kami ganti gratis tanpa biaya sepeserpun dan untuk penggantian kartu tersebut bisa mengajukan kenaikan limit juga... misalnya kartu ibu classic bisa kami ganti jadi gold n limit yg skrg ada mau di tambahkan juga bisa dgn 3 kategori A. 2,5 jt B. 7,5 jt n C12.5 jt
Me: tapi ada biayanya kan...
Cs: *nada cape* tidak akan kami kenakan biaya bu..semua gratis
Me: masa gak kena biaya? sori nih saya masih gak percaya
Cs: iya bu seperti yg saya utarakn tadi ada peraturan baru dari BI yg mana nanti tahun 2011 semua kartu yg mempunyai nama ganda akan dihapuskan dan HSBC sebagai bank yg ditunjuk pertama kali untuk menerbitkannya
Me: Oh...ok
Cs: dan untuk proses pergantian kartunya akan kami proses hari ini kalo ibu sempat
Me: kartu baru akan saya terima kapan?
Cs: Senin langsung kami kirim yg baru
Me: ohh
Cs: jadi bagaimana? ibu berminat?
Me: ya kalo gratis ya boleh aja... tp kalo bayar saya gak mau
Cs: iya bu tanpa dipungut biaya apapun. Ok kalo ibu mau syaratnya: ibu harus menyerahkan fotokopi KTP 1 lembar n Pas Foto uk 2x3. nanti akan diambil oleh messenger kami
Me: wah saya gak punya foto 2x3
Cs: kalo ibu ada waktu hari ini bisa langsung kami ambil
Me: wah gak bisa senin aja?soalnya saya gak punya foto 2x3 n KTP kan mesti di fotokopi dulu
Cs: kalo ibu gak sempet bisa minta tolong mesenger kami yg cari tempat foto kopi di daerah ibu
Me: heh?????? suruh fotokopiin?? ya jangan donk...
*stupidly* oh iya saya punya kok KTP yg sdh saya scan di komputer
Cs: oh iya bu boleh saya tinggal di print, n fotonya ukuran apa saja kalo ibu punya yg besar nanti tinggal kami scan ulang
Me: oh ok..
Cs: kalo gitu ibu hari ini ada di rumah kan yah? Oh ya sekalian ibu serahkan kartu HSBC lama ibu karena akan saya non aktifkan dahulu setelah itu ibu akan kami kirimkan kartu yg baru
Me: lah jadi kartu saya hari ini sudah gak aktif trus gak bisa saya pake donk
cs: iya bu, nanti senin akan segera kami kirimkan yg baru dan ibu harus mengaktifkan kartu yg baru dgn kode blokir yg akan kami berikan ...dan untuk penggantian kartu yg baru ini tidak kami berikan pemberitahuan secara tertulis lagi krn banyak orang yg tidak mengerti dgn bahasa tertulis. jadi lebih mudah bila kami infokan per telefon sperti ini
Me: heh??? kok gak ada notifikasi via surat atau email?? kan org kalo di telp bisa lupa pak
Cs: iya tuk pergantian kartu ini tidak kami infokan via surat bu karena ini sistem baru, banyak masyarakat yg tidak mengerti dengan bahasa tertulis
Me: *anehhh* mmm
Cs: kalo gitu ibu setuju dgn pergantian kartu baru n kenaikan limitnya? kalo iya akan kami samakan dahulu data2 ibu
Me: iya kalo tanpa biaya boleh
Cs: baik bu... kalo gitu alamat ibu masih di Jl.... bla bla bla... noXX ya Rt RW n daerah..
Me: iya betul
Cs: boleh minta tanggal lahir ibu, nama ibu kandung, no hp yg aktif skrg..
Me: sekian...sekian...*nada males n sedikit aneh, untung gak ditanya no kartu kredit card gw kalo ditanya gw mau tanya balik kan dia punya no kartu gw*
Cs: ok bu data sudah sama dan akan saya berikan kode blokirnya yg mana nanti akan digunakan tuk pengaktifan kartu barunya... bisa tolong dicatat bu?
Me: ok bentar cari bulpen dulu
Cs: ok per tanggal hari ini jumat, 1 Okt 2010 nama saya kurniawan jam 13.50 kode blokir ibu adalah T0006484 09
Me: ok...
Cs: ok sudah cukup ya bu dan nanti messenger kami akan mengambil KTP ibu dan pas foto beserta kartu lama nya yah... nanti sebelum messenger kami jalan ibu akan di hubungi
Me: ok
Cs: Terima kasih atas waktunya, sukses selalu n selamat beraktifitas..

*10 menit kemudian telp rumah bunyi*
Messenger: Siang bu... dgn ibu......
Me: Iya betul darimana?
Messenger: saya messenger bu... tadi sudah di telp HSBC kan???
Me: oh iya...??*nada males*
Messenger: ibu hari ini ada dirumah kan yah
Me: iya
Messenger: nanti saya ambil kesana ya bu...
Me: jam berapa?
Messenger: kira2 jam 15.30 atau jam 16 bu
Me: ohh ok...*nada males*
Messeger: terima kasih bu

*gw tidur2an sambil mikir bener gak yah.... mau tanya suami takut di omelin ya ud langsung telp HSBC aja d*
Setelah nyambung n dilempar sana sinis ama mesin penjawab akhirnya nyampe juga ke CS HSBC beneran. n langsung gw tanyain soal program yg tadi ditawarin
HSBC: "Tidak ada bu program semacam itu, jangan percaya dgn program yg mengatas namakan HSBC dan bilang ada peraturan baru dari BI akan melakukan pergantian kartu dgn menarik kartu yg lama dan mengirimkan yg baru"
Me:Waduh... kalo gitu saya kena tipu dong ya, jd gak ada ya mbak..s oalnya tadi saya ditelp mengaku dari HSBC, Kalo gitu gimana ya mbak dia bilang mau dateng ke rumah saya ambil KTP n pas foto serta kartu saya
HSBC: gampang saya bu tinggal ibu tolak saja
Me: ya ud nanti saya bilang.. saya sdh panggil polisi saja, makasih mbak

Langsung d gw mikir gemana baiknya buat mengusir tuh penipu.. krn kan dia bakal kerumah gw...akhhirnya gw dpt ide mau ngerjain ni penipu akan gw bilang salah alamat aja d

*jam 4.30 tlp rumah bunyi lagi*
Messenger: bu sori tadi saya jatoh di jalan, ibu masih dirumah kan yah?
Me: iya..*deg2an*
Messenger: ok bu saya sudah deket saya kesana ya bu
Me: iya

*jam 5-an ada motor berhenti dpn rumah dan bunyiin bell, sengaja gw lamain dikit n gw ud cabut kabel telp rumah atas n bawah biar gak bunyi kalo dia telp"
Gw: *di dpn pintu kawat nyamuk rumah* blaga ngantuk n pusing
Messenger: apa betul ini rumah bu ...
gw: apa? bu... sapa?
Messenger: ibu....
Gw: heh???? Gak ada nama ... disini... salah sambung kaliii
Messenger: *kaget* salah?? alamatnya jl.. bla bla bla kan? Rt sekian2
gw: iya betul...
Messenger: no telp...sekian2...??
Gw: salah
Messnger: oh salah ya bu... ok terima kasih
gw: *langsung buru2 tutup pintu lagi n ngintip dari korden dikit*
Messenger: langsung keluarin telp mo telp temennya...
Gw: langsung naik keatas menunggu diatas aja... trus setelah motor pergi gw pasang lagi kabel telp wireles phone gw

*telp rmh bunyi lagi*
Gw: hallo
CS: siang ibu.. bisa bicara dgn ibu ...
Gw: dari mana?
Cs: HSBC bu
Gw: iya napa...
Cs: apakah messenger kami sudah sampai bu?
Gw: Blom.... kenapa?
CS: apakah alamatnya betul? Jl......Rt...
Gw: iya betul
Cs: tomang, jatipulo kan bu?
Gw? heh?tomang? Cengkareng *kebetulan nama jalan rmh gw tuh ada di cengkareng juga*
Cs: cengkareng *nada gak percaya*
Gw: iya cengkareng... yg bilang saya di tomang siapa?
Cs: ini di database kami tomang bu... ibu pernah mengisi database kan... alamat betul kan jl... Rt... tomang...
Gw: database apaan? saya di cengkareng
Cs: no telp ibu bener?
gw: iya bener...*wong dia telp ke rumah gw kan masa gw bilang salah*
Cs: ok kalo gitu bisa dijelaskan cengkarengnya dimana bu?
Gw: maskudnya?
Cs: iya cengkareng dekat apa bu? *mau ngetest kali*
Gw: deket garuda *dulu gw wkt kuliah mau skripsi survey ttg training center garuda di cengkareng yg mana nama jalannya sama*
Cs: deket garuda??
Gw: iya di garuda di cengkareng
Cs: ok.. kalo gitu cengkareng ya bu deket garuda, saya beritahu messenger ya bu
Gw: iya

*baru tutup telp 1 menit dpt telp lagi dari messenger*
Messenger: bisa bicara dng ibu....
gw: dari mana?
Messenger: Hsbc bu...
Gw: tadi HSBC ud telp *nada tinggi*
Messenger: iya bu saya mo tanya alamat ibu apakah benar jl.... rt... tomang?
Gw: tomang? cengkareng!!
Messenger: oh cengkareng bu!!
Gw: iya cengkareng.. sapa yg bilang tomang?
messenger: ok bu saya kesana... mohon ditunggu ya bu
gw: iya


*jam 6.30 malem telp rumah bunyi lagi kali ini suara cw... tp gw ud curiga pasti masti komplotannya*
gw: hallo
Cw: selamat sore bu saya dari metro Tv mau mengadakan jajak pendapat
Gw: metro tv???
Cw; iya metro tv bu sedang mengadakan jajak pendapat ttgl SBY-Budiono, kalo boleh tau ini rumah atau kantor ya?
Gw: Toko
Cw: oh toko.... terima kasih
*langsung tutup telp*
aneh kan...... n ud tentu itu komplotannya yg curiga dgn alamat yg gw kasih atau mgkn dia ud ke cengkareng tp gak nemu alamat gw

*5 menit kemudian telp rmh bunyi lagi kebetulan gw lagi ada telp di hp dr temen gw*
Jadi gw cuekin aja d tuh...
terus2an mpe 2 kali diulang... gak gw angkat jg karena gw masih online
trus ada miscall bentar di hp gw...*baru lah keliatan tuh no telp penelepon ber no 021-54393991<-- bisa="" br="" call="" cek="" cuma="" dihubungi..="" gak="" gitu="" gw="" kayaknya="" ni="" one="" setelah="" soalnya="" wartel="" way="">tapi ni org gak berhenti2nya telp gw... terus telp ke rumah ampe ada kali 7 kali di ulang2... akhirnya gw cabut d kabelnya biar gak berisik....

Phiew... gila ya penipuan jaman sekarang... canggih2...
Gw ampe terbius.. hahaha...*gw aja yg bego kayaknya* tp sumpeh gila tuh si operator CS itu hebattttt banget ngomongnya... n suaranya bagus boooo seperti operator terpelajar
n si messenger itu juga penampilannya n pakaianya bagus.. gak seperti kurir... dia pake tas ransel blkg bagus gak seperti kurir2 laen yg tasnya biasa ud lusuh gitu

TP jujur aja... semalem tuh gw ketakutan.. hahaha... gak tenang bo idup gw.. krn dia ud tau rumah gw kan...hiks hiks... what should i do? secara suami kmaren pergi keluar kota lagi n baru pulang hari minggu... hiks hiks...
akhirnya malem itu gw telp suami n bercerita.. untungnya dia gak marah n cuma mendengarkan n menenangkan gw... *phiew* dia bilang kayaknya tuh org tau kalo ud kebaca ma kamu.. jd mgkn dia gak akan telp lagi
Tapi yah sejak kamren malem mpe skrg telp rmh, gak gw pasang2 lagi kabelnya... biarin aja wong jarang juga yg telp rumah.. semua biasa langsung telp hp gw...

Semoga ini pelajaran buat kita yah... jgn terlalu percaya yg gratisan n tetep sadar... untung aja gw masih di kasih kesadaran ma TUHAN buat berpikir cepet... n penipuannya lewat telp
kalo penipuannya di jalan or di mol... mampus lah daku...... kartu kreditku melayang dipake org... wuahhh.... THANX GOD!!!!

Eh lucunya juga... tadi malem sebelom bobo gizel ngajak berdoa bersama,.... xixixi pdhl kita gak pernah berdoa sebelom tidur loh... n gizel jg gak tau kejadian yg lagi menimpa gw kan?
soalnya dia lagi bobo wkt kejadian...
LOVE U...Gizel... good GIrl!!!

Jadi ya GUYS!!! Don;t U EVER EVER BELIEVE... PENIPUAN KARTU KREDIT YG BILANG AKAN MENARIK KARTU YG LAMA.. KRN BUAT MENONAKTIFKAN KARTU HANYA LEWAT KOMPUTER SAJA TANPA PERLU MENGAMBIL KARTU YG LAMA

n pelajaran hari ini.. kartu HSBC gw akan segera gw tutup karena dia ud punya data diri gw alamat beserta nama ibu kandung pula... jadi takutnya dia bakal menyalahgunakan info gw itu...hiks hiks...

13 comments on "HATI HATI"

Journal Mommy Yenny on October 2, 2010 at 12:10 PM said...

oh...waduuhhh...untung lo telp HSBC, pet...Tuhan masih melindungi...iya kudu hati-hati hare gene makin pinter aja yg niat nipu...makanya hp 0812 gue itu suka jarang gue angkat (selain krn in silent mode pula) abis gue uda eneg jg ditelponin macem2, gak tau jg mana yg bener ama engga. Semoga gak kena kejadian aneh2 lagi ya

Selvi on October 2, 2010 at 1:06 PM said...

gua pernah kena penipuan dengan iming iming voucher hotel (elo tau kan gua demen ama yg gratisan, hehehe) sampe gua sebutin 3 angka terkahir dibelakang kartu kredit. untung gua juga telpon hsbc dan akhirnya cc diblokir dan gua harus ganti kartu dgn biaya 50.000.

pengalaman berharga, sejak itu lebih extra hati-hati dgn segala macam cs by phone.

thanks for sharing, pat elo hapal percakapan elo dengan tuh cs. hebat.

Once in a Lifetime on October 2, 2010 at 2:37 PM said...

Baru juga ada kolega yang cerita kakaknya kena spt ini sama persis. Terus katanya sengaja hari Jumat, spy kita gak kepikir utk ngecek sampai hari Senin *padahal mah bs aja ya kan call center 24 jam*.

Kakaknya ini jabatannya ckp tinggi tp terpengaruh jg dan kasih kartunya pas messenger ambil di kantornya di Sudirman. Dia baru merasa janggal setelah Senin tidak dikirim2 dan dia baru nyadar harusnya kartu lama tinggal DIGUNTING bukan diberikan. Setelah dicek udah keburu habis dipake sampai limit lho.

So setuju banget elo dah posting spt ini, gua jg lupa utk ngingetin orang2. TFS!

Patzie on October 2, 2010 at 9:51 PM said...

@yenny: iya Yen.. untung Tuhan masih melindungi. N gw di tlp ke rumah bukan ke hp makanya gw percaya aja.
Ternyata tuh org kayaknya nelp lewat wartel

@Selvi: iya untung banget gw gak nyebutin no kartu gw..n tadi ud gw blokir HSBC gw n gw gak mau bayar 50 rb.. buat biaya ganti makanya gw ngotot tutup aja kalo gak gratis.. akhirnya dikasih gratis lagi tuh.. hehehe
Soal percakapan gw hafal sel.. tapi kalo soal duit n angka2 mah gw gak akan hafal

@elisa: iya lis gw juga di telp HARI jumat..!! untungnya gw masih di beri kesadaran. cuma BT nya tuh Call center HSBC ngejelimet mau ngomong langsung ke operator aja susahnya minta ampun ampir desperate gw mencetnya.. untung gw tetep usaha.

Arman on October 2, 2010 at 11:13 PM said...

waduh... emang kudu ati2 ya.... penipuan ada terus dimana2 dan motifnya beda2...

kartu kredit emang kudu ati2. jangan pernah ngasih ke orang lain. kalo mau dimatiin juga biasa gak pernah kartu kreditnya dibalikin, kita biasa disuruh gunting sendiri.

nomad girl on October 3, 2010 at 10:19 PM said...

weleeehhh,...gile amat tu tukang tepu!!!! untung loe masih sempet clarifikasi ama hsbc...!

Patzie on October 3, 2010 at 11:11 PM said...

@arman: iya man.. maklum gw orgnya suka lambat berpikir.. jadi gini d..
Mestinya kmaren gw gunting dulu ya baru gw kasih ke dia kartunya.. hehehe

@icen: iye cen.. gw yakin banget d tuh org pernah jadi marketing HSBC atau emang masih org HSBC gitu..

mamana clo said...

Jangan pernah mau menyamakan data kalo statusnya kita yang ditelpon.
Kalo kita yang nelpon CS baru deh samain data...
Tukang tipu skg makin canggih ya.. bahaya banget kalo yang ngangkat telpon rumah si mbak ato yg ga ngerti..

Unknown on October 4, 2010 at 11:21 AM said...

Wah Pat posting2 taunya kasih info berharga, thanx banget dah. Kita jd kudu lebih berhati2 lagi macam2 aja caranya yah hehehe

Untung lu masih keburu telp yah cross cek parah jg hsbc data nasabah sampe bisa bocor

Cyntha on October 4, 2010 at 3:29 PM said...

duh untung aje elo masi dilindungi ya pat...kalo tuh kartu dah ditangan mereka bisa2 tagihan elo meledak dipake dia orang. kalo gw sama tuh kayak selvi, dah brp kali ditelponin yg katanya ntar dpt vocer2 menginap/merchant2 gitu. langsung gw cut aje gw ga berminat. smoga gw jgn terlena ah serem penipuan2 bgini

green_teacup on October 4, 2010 at 6:17 PM said...

hiiiiiiiiiiiiiiihhhhh... gue takut bagian kurir yang dateng ke rumah lo.
tapi gue bangga juga sih.. ada cengkareng masuk ke blog lo.. LOL

Anonymous said...

Nyeremin yaa pat.. untung bgt loe tlp HSBCnya... emang kudu ati2 ya jaman sekarang

Patzie on October 5, 2010 at 3:59 PM said...

@mama clo: tp kmaren abis nutup kartu gw di telp bagian ivestigasi HSBC tuk menyamakan data lagi.. kan gw gak mau kasih tau.. tp krn dia memang mau ganti kartu gw ya harus gw bilang donk dataku.. susah jg skrg mah yg mana yg bener harus crosscek

@liza: iya katanya emang setiap marketing kartu kredit dibekali data2 nasabah

@cyntha: iye bukan meledak lagi kartu gw tapi gwnya ikutan meledak kali.. *amarahnya*hahaha

@vena: bukan takut lagi tp gw ud deg2an terus menunggu penantiannya biar dia cepet pergi

@tine: yoi tin... apalagi gw tipe yg suka gratisan.. hahaha

TWEET ME!!

MY Blog Friends

 

Welcome

Patzie Life Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez